Membangun Kesejahteraan Bersama melalui Perjuangan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Setiap tahun, pada tanggal 13 Februari, Indonesia merayakan Hari Persatuan Farmasi Indonesia, sebuah momen yang tidak hanya menjadi peringatan tetapi juga cerminan dari perjuangan bangsa ini dalam memajukan sumber daya manusia di bidang farmasi. Peringatan ini merujuk kepada lahirnya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), organisasi yang berperan penting sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

PAFI, sebagai wadah para Ahli Farmasi Indonesia, bukan hanya menjadi garda terdepan dalam perjuangan kemerdekaan, tetapi juga aktif berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan negara. Dengan didirikannya pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta, PAFI memiliki misi mulia untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta meningkatkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia. PAFI juga berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor farmasi di Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

 

Sejarah panjang Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker (AA) yang kini dikenal sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) tercermin dalam perjalanan PAFI. Organisasi ini, didirikan hanya enam bulan setelah kemerdekaan Indonesia, menunjukkan keberanian para pendiri yang telah berjasa. Salah satu tokoh penting dalam sejarah organisasi ini adalah Zainal Abidin, yang dilantik sebagai Ketua PAFI pertama. PAFI bukan hanya organisasi farmasi tertua di Indonesia, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam perkembangan profesi Asisten Apoteker, yang pada masanya merupakan satu-satunya bentuk pendidikan farmasi yang bisa dijalankan, bahkan dengan rintisannya harus dididik langsung di negeri Belanda.

Dalam merayakan Hari Persatuan Farmasi Indonesia, kita patut menghargai perjuangan dan pengabdian para Ahli Farmasi Indonesia yang terus berkomitmen dalam memajukan bidang farmasi di Indonesia. Semangat kebersamaan dan dedikasi mereka dalam mengabdi kepada masyarakat dan negara merupakan cerminan dari semangat kebangsaan yang harus dijunjung tinggi oleh generasi-generasi mendatang. Dengan memperkokoh persatuan dan kolaborasi dalam bidang farmasi, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia, yang berlandaskan pada keadilan, kesejahteraan, dan kemajuan bersama.

Sejalan dengan informasi dari situs resmi https://pafikepulauanseribu.org/, sejak Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, PAFI telah menjadi mitra setia bagi masyarakat dan negara. Sebagai pilar penting dalam perjalanan pembangunan bangsa ini, PAFI senantiasa berkontribusi dalam memperjuangkan derajat kesehatan yang optimal dan memajukan bidang farmasi di Indonesia.

 

PAFI, yang lahir dari semangat kebersamaan pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta, telah menjadi garda terdepan membawa visi dan misi mulia berdasarkan Pancasila. Organisasi ini tidak hanya mengemban tugas mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, tetapi juga berperan dalam mengembangkan dan meningkatkan pembangunan di bidang farmasi. Dengan semangat kebersamaan dan keahlian, PAFI terus melangkah maju, menjawab tantangan zaman, menghadirkan inovasi dalam praktik farmasi, dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pengurus Pusat PAFI, yang berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjalankan fungsi kekaryaan dan pengabdian dengan penuh dedikasi. PAFI bukan hanya sebuah organisasi profesi; PAFI adalah keluarga besar yang memiliki visi bersama untuk memperjuangkan hak-hak kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

 

PAFI tidak hanya berfokus pada ranah teori, tetapi juga merasakan denyut nadi masyarakat. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai moralitas, etika, dan profesionalisme, PAFI menjunjung tinggi integritas dan mengabdi dengan penuh rasa tanggung jawab, menjadikan mereka teladan dalam profesi farmasi di Indonesia.

Dengan semangat yang berkobar dan visi yang jelas, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia terus melangkah maju, membawa harapan bagi kemajuan kesehatan dan kesejahteraan bangsa. Masyarakat Indonesia dapat berbangga memiliki para ahli farmasi yang tidak hanya kompeten tetapi juga berkomitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. PAFI, dengan segala pencapaiannya, tetap berupaya memberikan yang terbaik bagi Indonesia, membawa negara ini ke tingkat kesejahteraan yang lebih baik, sesuai dengan cita-cita luhur bangsa yang tertera dalam Pembukaan UUD 1945.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *