Tari yang memiliki aturan tertentu baik dalam bentuk gerak maupun lainnya disebut tari kreasi?

Pertanyaan Tari yang memiliki aturan tertentu baik dalam bentuk gerak maupun lainnya disebut tari kreasi?

Jawaban : Tarian yang mempunyai aturan-aturan tertentu, baik dari segi gerak maupun yang lainnya, sebenarnya bukanlah tari kreasi, melainkan tari tradisional atau klasik. Tari kreasi pada umumnya merupakan tari kontemporer yang lebih bebas dan tidak memiliki aturan tertentu berupa gerak atau pola tari.

Tari tradisional adalah tarian yang berkembang dari daerah atau budaya tertentu, dan memiliki aturan tertentu baik dalam gerak, musik, kostum, dan makna yang berkaitan dengan budaya atau ritual yang dilakukan. Contoh tarian tradisional di Indonesia antara lain tari Pendet dari Bali, tari saman dari Aceh, dan tari tor-tor dari Sumatera Utara.

Sedangkan tari klasik adalah tari yang berasal dari budaya India dan memiliki aturan tertentu dalam gerak, kostum, musik, dan makna yang berkaitan dengan ajaran agama Hindu. Contoh tarian klasik India adalah tarian Bharatanatyam, Kathak, dan Odissi.

Kembali ke pertanyaan, jika tarian tersebut memiliki aturan tertentu berupa gerak atau lainnya, maka lebih tepat disebut sebagai tari tradisional atau tari klasik, bukan tari kreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *